Kamis, 14 Februari 2013

Temukan Kreativitas Dalam Nuansa Hiburan Berkualitas



Terlihat dua orang bocah kakak beradik berlarian menuju wahana Sea World Indonesia. “ayo, tebak ikan apa itu?” Tanya sang ayah pada dua bocah itu sambil menunjuk ke arah seekor ikan berukuran besar yang asyik berenang didalam akuarium raksasa itu. Sontak pertanyaan tersebut dijawab oleh sang kakak. Diluar dugaan, sang adik pun tak mau kalah. Ia pun berusaha menjawab pertanyaan itu sekenanya. Beberapa saat kemudian pertanyaan lain juga terlontar dari sang ibu. Dan pertanyaan itupun dijawab dengan semangat oleh dua bersaudara itu. Tak jarang jawaban polos mereka membuat sang ayah dan ibu mereka tertawa. Bahkan si bungsu yang usianya belum genap 3 tahun itu juga melontarkan pertanyaan-pertanyaan konyol ditengah keasyikan mereka menikmati hiburan wisata bawah laut. Sebuah percakapan ringan namun berbobot. Tanya jawab tentang kehidupan bawah laut ini sering dan sudah tidak asing ditelinga. Pertanyaan konyol yang tak dapat dicegah itu hadir ketika rasa keingintahuan muncul dibenak seorang anak. Dan jawaban polos yang mereka lontarkan pun adalah salah satu bentuk kemampuan dari olah pikir dan hasil imajinasi mereka sendiri.  
Dunia anak-anak memang penuh dengan imajinasi dan rasa keingintahuan yang sangat besar. Bahkan, kreativitas dan jiwa petualangan tanpa batas masih tersimpan dalam diri mereka. Sungguh sangat disayangkan jika apa yang ada dalam diri seorang anak baik bakat, kreativitas dan segala kemampuannya tidak dapat ia kembangkan sejak dini. Momentum-momentum pada masa ini menjadi tahapan penting bagi orang tua dalam mengarahkan dan mengembangkan kemampuan anak seoptimal mungkin kearah yang positif. Dan bagaimana dengan aktivitas anak yang selalu ingin bermain? Orang tua tidak bisa melarang anak untuk bermain. Karena dalam bermain ada kreativitas Kegemaran bermain dan bersenang-senang adalah rutinitas yang tak ingin mereka lewatkan. Dan satu kewajiban bagi orang tua untuk menunjukkan pada anak tentang apa, bagaimana dan dimana tempat bermain yang berkualitas.
Bermain adalah aktivitas yang selalu diinginkan oleh seorang anak. Dan dalam moment bermain, aktivitas dapat dirancang sedemikian rupa menjadi sarana pembentukan, pengembangan diri dan juga kreativitas anak. Hingga dalam proses bermain ini menjadi suatu hiburan yang akan menghasilkan kesenangan yang lebih bermutu dan berkualitas. Oleh karenanya, seorang anak membutuhkan wadah yang tepat untuk mencari hiburan sekaligus belajar. Dan Taman Impian Jaya Ancol hadir sebagai pembuka ruang untuk menciptakan kreativitas dan memenuhi segala kebutuhan masyarakat akan hiburan yang mendidik.
Celah mencari Kreativitas
Tak dapat dipungkiri bahwa semakin lama tempat-tempat wisata di Indonesia berkembang sebagai tempat wisata yang tak bisa terlewatkan. Dengan tujuan dan visi yang sama, tempat wisata yang dibangun di Indonesia diharapkan mampu menarik pengunjung sebanyak-banyaknya baik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Banggalah kita menjadi bagian dari bangsa ini karena beberapa tempat wisata yang kita punya telah dikenal oleh dunia. Dan Taman Impian Jaya Ancol telah membuktikannya. Pada moment liburan datang, Ancol selalu dibanjiri oleh para pengunjung. Terutama pada libur sekolah. Ancol menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin menikmati liburan bersama keluarga mereka.
Perkembangan jaman telah menggiring masyarakat untuk semakin membuka mata lebar-lebar melihat dunia. Sedangkan dunia yang begitu luasnya, terkadang tak mampu dijangkau oleh tangan dan tubuh kita. Kecuali mereka yang memiliki uang berlebih yang bisa berpetualang berkeliling dunia. Dan bagi yang tidak bisa, tidak perlu risau ataupun khawatir. Karena Ancol telah memiliki segalanya. Kita tak perlu menunggu memiliki uang banyak untuk mengetahui dunia. Karena dunia sudah ada dalam genggaman DUFAN “Dunia Fantasi”.
DUFAN hadir sebagai satu dari tiga Theme Park pertama yang dikembangkan oleh Ancol beberapa tahun setelah pendiriannya. Hadir sebagai tempat hiburan terbesar di Indonesia, mengajak pengunjung untuk berkeliling dunia dalam hitungan jam. Pengunjung dapat melihat wahana-wahana permainan bertekhnologi tinggi dari negara-negara maju seperti Eropa, Amerika, Yunani, Asia, Afrika, dll. Disini, pengunjung terutama anak-anak dapat mengetahui kemajuan tekhnologi melalui aneka ragam mainan yang bertekhnologi tinggi. Disini pula hadir wahana perang Bintang yang mengajak pengunjung berpetualang mengarungi angkasa luar untuk berperang melawan mahluk Mars.
Tak hanya DUFAN yang mampu mengajak pengunjung mengetahui tekhnologi. Gelanggang Samudra Ancol pun tak kalah menarik hadir dengan nuansa pengetahuan alam dengan satwa airnya, seperti Lumba-lumba, Paus, dan Singa Laut. Pertunjukan aneka satwa seperti aksi Lumba-lumba yang memperlihatkan kecerdasannya dalam menjawab soal matematika. Juga kepiawaiannya dalam olah raga. Atraksi ini tidak hanya menghadirkan hiburan berupa kelucuan dari tingkah polah singa laut, Beruang Madu, atau Lumba-lumba yang menggelikan. Namun juga menjadi stimulus bagi anak untuk ikut belajar berhitung dan menyukai olah raga. Anak-anak pun dapat berinteraksi langsung dengan Lumba-lumba. Tentu, interaksi ini mendidik anak untuk berani melakukan suatu hal yang mungkin sebelumnya tidak pernah mereka lakukan.
Keunikan yang ada pada arena Gelanggang Samudra Ancol tidak hanya sebatas atraksi satwa saja. Samudra Camping Ground juga hadir melengkapi hiburan bernuansa pengetahuan. Unsur edutainment sangat kental pada wahana ini. Seperti maritime knowledge, yang menyajikan pengetahuan tentang bagaimana teknik penyelamatan di air (water rescue). Juga tambahan pengetahuan tentang biota laut dan keanekaragaman flora langka. Dengan melihat tontonan baru tersebut, pengalaman dan pengetahuan anak tentang flora dan fauna akan semakin bertambah.
Memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas tentang dunia, flora dan fauna akan menjadi nilai plus bagi seorang anak. Meskipun pengetahuan tersebut juga didapat dari sekolah tempat mereka belajar, namun beberapa hal penting diluar kegiatan pendidikan formal, akan semakin mengoptimalkan proses kreativitas seorang anak. seperti halnya kegiatan petualangan. Kegiatan petualangan mempunyai nilai yang sangat positif bagi tumbuh kembang anak. Karena pada aktivitas ini, seorang anak akan berinteraksi secara langsung dengan orang lain dan lingkungan diruang terbuka. Dengan banyak kegiatan petualangan diruang terbuka, anak akan mempelajari lebih banyak hal secara langsung. Anak pun akan mendapatkan kebebasan untuk belajar menggunakan semua indra mereka. Hal ini mendorong pola pikir kreatif dan imajinatif. Disisi lain, pembelajaran diruang terbuka juga memberikan pengalaman belajar yang kuat sehingga mereka mampu mengembangkan keterikatan dengan suatu tempat. 
Berkaitan dengan kegiatan petualangan itu pula, menjadi satu hal yang lebih menarik untuk dicoba adalah hadirnya Ecopark. Ecopark hadir dengan konsep 3 in 1, yaitu unsur wisata, pendidikan alam dan wadah menambah petualangan. Dengan area yang luas, sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai tempat outbond. Ini dapat menjadi satu alternatif bagi sekolah-sekolah yang ingin melakukan kegiatan extra kurikuler untuk siswa diluar kelas. Petulangan yang dikemas melalui kegiatan outbond ini dapat dirancang semenarik mungkin dengan permainan kelompok. Pada kegiatan ini pula, anak akan mendapat kesempatan menempatkan diri dalam pergaulan, memahami peran, melatih kekompakan, dan yang tak kalah penting adalah menumbuhkan dan melatih sportivitas anak.
Rasa lelah yang masih melekat di badan setelah melakukan outbond takkan mengurangi keinginan anak untuk terus menjelajahi wahana berikutnya. Karena tak jauh dari area Ecopark, ada Pasar Seni yang akan memanjakan anak dan siswa sekolah untuk menikmati anjungan galeri, museum, dan artshop. Pasar Seni hadir sebagai hiburan dengan kualitas pendidikan dibidang kesenian. Di wahana ini, pengunjung dapat mengetahui banyak hal tentang hasil karya seni dari berbagai daerah, proses kreatif hingga kesempatan untuk menguji kemampuan membuat karya seni dapat dilakukan disini. Mulai dari membuat keramik, belajar melukis, membatik, mamahat atau membuat karya seni lainnya. Hingga tanpa disadari, Pasar Seni telah mempertemukan para penggemar seni dan seniman untuk saling berinteraksi, saling berinspirasi dan semakin memberi peluang untuk berkreasi.
Dengan ragam wahana yang ada tersebut, Taman Impian Jaya Ancol semakin terasa keberadaannya sebagai tempat wisata yang semakin berkualitas. Dari mengenal seni dalam negeri yang masih bersifat tradisional hingga tekhnologi canggih, mengenal flora dan fauna lebih dekat, melihat dunia laut, dan tambahan wawasan lain yang tidak bisa didapatkan dalam aktivitas pendidikan formal. Patut disadari pula bahwa pengetahuan dan pendidikan yang kita raih tidak cukup diperoleh melalui bangku sekolah. Kreasi dan kreativitas anak juga dapat diasah ditempat wisata. Nilai positif dari kreativitas itu sendiri akan mampu membuka jalan bagi anak menuju pribadi yang mandiri dan berkualitas. Kini, fakta tak dibisa dipungkiri, dan sejarahpun tak dapat menghapus kebenaran cerita bahwa Taman Impian Jaya Ancol adalah salah satu wadah sekaligus media hiburan yang tepat dan layak untuk menjadi ikon wisata edukasi yang patut untuk dikunjungi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar