Terlihat dua orang
bocah kakak beradik berlarian menuju wahana Sea World Indonesia. “ayo, tebak
ikan apa itu?” Tanya sang ayah pada dua bocah itu sambil menunjuk ke arah
seekor ikan berukuran besar yang asyik berenang didalam akuarium raksasa itu.
Sontak pertanyaan tersebut dijawab oleh sang kakak. Diluar dugaan, sang adik
pun tak mau kalah. Ia pun berusaha menjawab pertanyaan itu sekenanya. Beberapa saat
kemudian pertanyaan lain juga terlontar dari sang ibu. Dan pertanyaan itupun
dijawab dengan semangat oleh dua bersaudara itu. Tak jarang jawaban polos
mereka membuat sang ayah dan ibu mereka tertawa. Bahkan si bungsu yang usianya
belum genap 3 tahun itu juga melontarkan pertanyaan-pertanyaan konyol ditengah
keasyikan mereka menikmati hiburan wisata bawah laut. Sebuah percakapan ringan
namun berbobot. Tanya jawab tentang kehidupan bawah laut ini sering dan sudah
tidak asing ditelinga. Pertanyaan konyol yang tak dapat dicegah itu hadir ketika
rasa keingintahuan muncul dibenak seorang anak. Dan jawaban polos yang mereka
lontarkan pun adalah salah satu bentuk kemampuan dari olah pikir dan hasil
imajinasi mereka sendiri.
Dunia anak-anak memang
penuh dengan imajinasi dan rasa keingintahuan yang sangat besar. Bahkan, kreativitas
dan jiwa petualangan tanpa batas masih tersimpan dalam diri mereka. Sungguh
sangat disayangkan jika apa yang ada dalam diri seorang anak baik bakat,
kreativitas dan segala kemampuannya tidak dapat ia kembangkan sejak dini.
Momentum-momentum pada masa ini menjadi tahapan penting bagi orang tua dalam mengarahkan
dan mengembangkan kemampuan anak seoptimal mungkin kearah yang positif. Dan bagaimana
dengan aktivitas anak yang selalu ingin bermain? Orang tua tidak bisa melarang
anak untuk bermain. Karena dalam bermain ada kreativitas Kegemaran bermain dan
bersenang-senang adalah rutinitas yang tak ingin mereka lewatkan. Dan satu
kewajiban bagi orang tua untuk menunjukkan pada anak tentang apa, bagaimana dan
dimana tempat bermain yang berkualitas.
Bermain adalah
aktivitas yang selalu diinginkan oleh seorang anak. Dan dalam moment bermain,
aktivitas dapat dirancang sedemikian rupa menjadi sarana pembentukan, pengembangan
diri dan juga kreativitas anak. Hingga dalam proses bermain ini menjadi suatu
hiburan yang akan menghasilkan kesenangan yang lebih bermutu dan berkualitas.
Oleh karenanya, seorang anak membutuhkan wadah yang tepat untuk mencari hiburan
sekaligus belajar. Dan Taman Impian Jaya Ancol hadir sebagai pembuka ruang
untuk menciptakan kreativitas dan memenuhi segala kebutuhan masyarakat akan
hiburan yang mendidik.
Celah
mencari Kreativitas
Tak dapat dipungkiri
bahwa semakin lama tempat-tempat wisata di Indonesia berkembang sebagai tempat
wisata yang tak bisa terlewatkan. Dengan tujuan dan visi yang sama, tempat wisata
yang dibangun di Indonesia diharapkan mampu menarik pengunjung sebanyak-banyaknya
baik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Banggalah kita menjadi bagian
dari bangsa ini karena beberapa tempat wisata yang kita punya telah dikenal
oleh dunia. Dan Taman Impian Jaya Ancol telah membuktikannya. Pada moment
liburan datang, Ancol selalu dibanjiri oleh para pengunjung. Terutama pada
libur sekolah. Ancol menjadi pilihan utama masyarakat yang ingin menikmati
liburan bersama keluarga mereka.
Perkembangan jaman
telah menggiring masyarakat untuk semakin membuka mata lebar-lebar melihat dunia.
Sedangkan dunia yang begitu luasnya, terkadang tak mampu dijangkau oleh tangan
dan tubuh kita. Kecuali mereka yang memiliki uang berlebih yang bisa
berpetualang berkeliling dunia. Dan bagi yang tidak bisa, tidak perlu risau
ataupun khawatir. Karena Ancol telah memiliki segalanya. Kita tak perlu
menunggu memiliki uang banyak untuk mengetahui dunia. Karena dunia sudah ada
dalam genggaman DUFAN “Dunia Fantasi”.
DUFAN hadir sebagai satu
dari tiga Theme Park pertama yang dikembangkan oleh Ancol beberapa tahun
setelah pendiriannya. Hadir sebagai tempat hiburan terbesar di Indonesia,
mengajak pengunjung untuk berkeliling dunia dalam hitungan jam. Pengunjung
dapat melihat wahana-wahana permainan bertekhnologi tinggi dari negara-negara
maju seperti Eropa, Amerika, Yunani, Asia, Afrika, dll. Disini, pengunjung
terutama anak-anak dapat mengetahui kemajuan tekhnologi melalui aneka ragam
mainan yang bertekhnologi tinggi. Disini pula hadir wahana perang Bintang yang
mengajak pengunjung berpetualang mengarungi angkasa luar untuk berperang
melawan mahluk Mars.
Tak hanya DUFAN yang
mampu mengajak pengunjung mengetahui tekhnologi. Gelanggang Samudra Ancol pun
tak kalah menarik hadir dengan nuansa pengetahuan alam dengan satwa airnya,
seperti Lumba-lumba, Paus, dan Singa Laut. Pertunjukan aneka satwa seperti aksi
Lumba-lumba yang memperlihatkan kecerdasannya dalam menjawab soal matematika.
Juga kepiawaiannya dalam olah raga. Atraksi ini tidak hanya menghadirkan hiburan
berupa kelucuan dari tingkah polah singa laut, Beruang Madu, atau Lumba-lumba
yang menggelikan. Namun juga menjadi stimulus bagi anak untuk ikut belajar
berhitung dan menyukai olah raga. Anak-anak pun dapat berinteraksi langsung
dengan Lumba-lumba. Tentu, interaksi ini mendidik anak untuk berani melakukan
suatu hal yang mungkin sebelumnya tidak pernah mereka lakukan.
Keunikan yang ada pada
arena Gelanggang Samudra Ancol tidak hanya sebatas atraksi satwa saja. Samudra
Camping Ground juga hadir melengkapi hiburan bernuansa pengetahuan. Unsur edutainment
sangat kental pada wahana ini. Seperti maritime knowledge, yang menyajikan
pengetahuan tentang bagaimana teknik penyelamatan di air (water rescue). Juga
tambahan pengetahuan tentang biota laut dan keanekaragaman flora langka. Dengan
melihat tontonan baru tersebut, pengalaman dan pengetahuan anak tentang flora
dan fauna akan semakin bertambah.
Memiliki wawasan dan
pengetahuan yang luas tentang dunia, flora dan fauna akan menjadi nilai plus
bagi seorang anak. Meskipun pengetahuan tersebut juga didapat dari sekolah tempat
mereka belajar, namun beberapa hal penting diluar kegiatan pendidikan formal,
akan semakin mengoptimalkan proses kreativitas seorang anak. seperti halnya kegiatan
petualangan. Kegiatan petualangan mempunyai nilai yang sangat positif bagi
tumbuh kembang anak. Karena pada aktivitas ini, seorang anak akan berinteraksi
secara langsung dengan orang lain dan lingkungan diruang terbuka. Dengan banyak
kegiatan petualangan diruang terbuka, anak akan mempelajari lebih banyak hal
secara langsung. Anak pun akan mendapatkan kebebasan untuk belajar menggunakan
semua indra mereka. Hal ini mendorong pola pikir kreatif dan imajinatif. Disisi
lain, pembelajaran diruang terbuka juga memberikan pengalaman belajar yang kuat
sehingga mereka mampu mengembangkan keterikatan dengan suatu tempat.
Berkaitan dengan kegiatan
petualangan itu pula, menjadi satu hal yang lebih menarik untuk dicoba adalah
hadirnya Ecopark. Ecopark hadir dengan konsep 3 in 1, yaitu unsur wisata,
pendidikan alam dan wadah menambah petualangan. Dengan area yang luas, sangat
memungkinkan untuk digunakan sebagai tempat outbond. Ini dapat menjadi satu
alternatif bagi sekolah-sekolah yang ingin melakukan kegiatan extra kurikuler untuk
siswa diluar kelas. Petulangan yang dikemas melalui kegiatan outbond ini dapat
dirancang semenarik mungkin dengan permainan kelompok. Pada kegiatan ini pula,
anak akan mendapat kesempatan menempatkan diri dalam pergaulan, memahami peran,
melatih kekompakan, dan yang tak kalah penting adalah menumbuhkan dan melatih
sportivitas anak.
Rasa lelah yang masih
melekat di badan setelah melakukan outbond takkan mengurangi keinginan anak untuk
terus menjelajahi wahana berikutnya. Karena tak jauh dari area Ecopark, ada
Pasar Seni yang akan memanjakan anak dan siswa sekolah untuk menikmati anjungan
galeri, museum, dan artshop. Pasar Seni hadir sebagai hiburan dengan kualitas
pendidikan dibidang kesenian. Di wahana ini, pengunjung dapat mengetahui banyak
hal tentang hasil karya seni dari berbagai daerah, proses kreatif hingga
kesempatan untuk menguji kemampuan membuat karya seni dapat dilakukan disini.
Mulai dari membuat keramik, belajar melukis, membatik, mamahat atau membuat
karya seni lainnya. Hingga tanpa disadari, Pasar Seni telah mempertemukan para
penggemar seni dan seniman untuk saling berinteraksi, saling berinspirasi dan
semakin memberi peluang untuk berkreasi.
Dengan ragam wahana
yang ada tersebut, Taman Impian Jaya Ancol semakin terasa keberadaannya sebagai
tempat wisata yang semakin berkualitas. Dari mengenal seni dalam negeri yang
masih bersifat tradisional hingga tekhnologi canggih, mengenal flora dan fauna
lebih dekat, melihat dunia laut, dan tambahan wawasan lain yang tidak bisa didapatkan
dalam aktivitas pendidikan formal. Patut disadari pula bahwa pengetahuan dan
pendidikan yang kita raih tidak cukup diperoleh melalui bangku sekolah. Kreasi
dan kreativitas anak juga dapat diasah ditempat wisata. Nilai positif dari
kreativitas itu sendiri akan mampu membuka jalan bagi anak menuju pribadi yang
mandiri dan berkualitas. Kini, fakta tak dibisa dipungkiri, dan sejarahpun tak
dapat menghapus kebenaran cerita bahwa Taman Impian Jaya Ancol adalah salah
satu wadah sekaligus media hiburan yang tepat dan layak untuk menjadi ikon
wisata edukasi yang patut untuk dikunjungi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar